Kamis, 22 November 2012

pembelajaran komputer usia dini

Apakah pembelajaran komputer di usia dini sudah diperlukan saat sekarang?

Pengenalan perangkat teknologi semenjak dini berguna untuk menghindarkan munculnya generasi muda yang gaptek atau gagap dalam menggunakan teknologi. Sehingga di masa depan nanti guru tidak hanya berperan sebagai penyampai materi semata tetapi lebih berperan sebagai fasilitator yang mampu menciptakan proses belajar dalam individu.
Langkah awal dalam mengenalkan komputer pada anak usia dini dapat dimulai dengan menceritakan tentang manfaat dan kontribusi komputer terhadap kehidupan manusia Pembelajaran tentang teknologi komputer pada anak usia dini dilakukan hanya sebatas mengenal perangkat komputer sebagai teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia. Anak usia dini perlu mengetahui potensi yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat komputer yang memudahkan kerja kita semua. Penjelasan tentang teknologi komputer ini hendaknya dilakukan dalam suasana menyenangkan dan dengan bahasa yang sederhana pula
Pengenalan potensi komputer untuk pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berupa menggambar dan bernyanyi. Misalnya dengan program aplikasi Power Paint guru dapat mengajak anak untuk menggambar obyek dan mewarnainya. Ajaklah anak untuk belajar menggeser mouse, menggambar dan mewarnainya. Hasil pekerjaan anak akan terlihat pada layar monitor. Anak dapat mem-print out hasilnya dan menyimpannya sebagai dokumen portofolio.
Dengan potensi multimedia yang dimiliki komputer juga dapat digunakan untuk memainkan program musik dan mengiringi anak-anak bernyanyi. Disamping itu guru juga dapat mengajak anak untuk memutar film-film pendidikan.Hal ini tentu saja sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini yang berada dalam tahapan praoperasional dimana anak belum mampu berpikir secara abstrak. Dengan pemanfaatan berbagai program aplikasi secara tepat akan dapat membantu anak memahami materi belajar dengan lebih baik. Misalnya dalam pengenalan huruf dan angka, guru dapat memanfaatkan program power point untuk merancang pembelajaran.
Sebagai sebuah teknologi, penggunaan komputer untuk keperluan pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan juga keterbatasan.
Adapun kelebihan komputer sebagai sarana untuk belajar antara lain :
- Siswa dapat mengontrol kegiatan belajarnya sendiri
- Program komputer dapat mencatat secara otomatis prestasi dan hasil belajar siswa
- Dapat digunakan untuk mengelola informasi yang telah diperoleh melalui sebuah proses belajar
- Memberikan pengalaman belajar yang variatif
- Melatih kemampuan individu untuk berpikir secara logis dan sistematis.
Masa anak merupakan periode yang sangat cepat, dimana didalam masa itu akan terjadi perkembangan dan perubahan anak dalam banyak aspek.
Komputer merupakan media pembelajaran yang sangat efektif. Dengan adanya tampilan gambar yang bisa berjalan, serta didukung dengan efek suara atau nyanyian yang riang membuat media pembelajaran komputer sangat disukai oleh anak-anak.
Salah satu manfaat dari pendidikan komputer pada anak usia dini, adalah membangkitkan semangat belajar anak dan perkembangan anak menjadi optimal.
Dampak negatif yang nyata yang banyak dirasakan oleh pengguna komputer adalah masalah kesehatan. Diantaranya, repetitive stress atau strain injury, kelelahan mata dan sakit kepala, sakit punggung dan leher. Hal tersebut sangat disayangkan dan dikhawatirkan apabila terjadi pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
Untuk mendidik anak dengan media komputer, sebaiknya orang tua atau pendidik membuat beberapa siasat untuk meminimalisir dampak-dampak yang ditimbulkan oleh media pembelajaran, yaitu komputer.
Media pembelajaran komputer bagaikan dua sisi mata uang. Di satu sisi memiliki manfaat, namun di sisi yang lain terdapat dampak negatifnya. Hal ini sangatlah tergantung kepada pemakai komputer atau kepada orang tua maupun pendidik dalam mengarahkan penggunaan komputer.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar