Lerner (1981) menyatakan dasar utama perkembangan bahasa
adalah pengalaman – pengalaman bahasa yang kaya . pengalaman bahasa yang kaya
itu akan menunjang faktor – faktor bahasa lain yaitu:
a.
Mendengar
b.
Berbicara
c.
Membaca
d.
Menulis
Mendengar dan membaca termasuk keterampilan bahasa yang
menerima atau resfektif sedang berbicara dan penulisan atau mengarang termasuk
yang ekspresif. Lerner juga mengatakan bahwa perkembangan masing-masing faktor
secara bertahap dan pentingnya memantau presepsi dan ingatan penglihatan dan
endengaran anak agar dapat mendeteksi kelemahan-kelemahan anak secara dini.
bagaimana anak menyimpan, menghubungkan , dan mengeluarkan pengetahuannya dalam
bentuk bahasa yang ekspresif, semuanya menentukan perkembangan
bahasanya.kegiatan bahasa merupakan kegiatan yang tiap hari ada dalam
perencanan guru,karena itu memerlukan pengayaan khusus.kecanggihan penguasaan
bahasa anak tergantung dari kecanggihan penggunaan bahasa orang dewasa yang ada
di sekeliling anak.
Alat permainan dan
kegiatan untuk mendengarkan dan berbicara serta membaca gambar dan menulis dini
yang timbul secara spontan misalnya : gambar-gambar yang ada di lingkungan
anak, dirumah, disekolah, binatang-binatang, peralatan yang berhubungan dengan
tempat pelayanan masyarakat, alat rekreasi, olahraga, dll. Semua gambar
tersebut dapat membantu anak mendeskripsikan fungsi, bentuk, warna, dll.
Alat-alat permainan untuk perkembangan bahasa ini adalah
sebagai berikut:
a.
Benda-benda yang ada di
rumah “untuk kebersihan” sapu lidi ,sapu
lantai,
“peralatan dapur” piring, sendok, gelas.
b.
Kumpulan cerita pendek
c.
Kumpulan kalimat pendek
yang belum selesai dan dapat dilanjutkan oleh anak secara kreatif.
d.
Kumpulan gambar profesi
yang dapat di perkenalkan anak atau yang sudah mereka ketahui.
e.
Kumpulan gambar berbagi
macam tema.
f.
Kumpulan buku cerita dan buku referensi untuk di
bacakan pada anak maupun di pinjamkan.
g.
Kumpulan cerita pendek untuk latihan mengingat dan
diceritakan kembali pada anak
Tujuan Pengembangan Berbahasa AUD
Agar anak mampu
berkmunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Lingkungan yang dimaksud adalah
lingkungan disekitar anak anatara lain lingkungan teman sebaya, lingkungan
teman bermain, orang dewasa baik yang ada di sekolah, dirumah, maupun di
tetangga atau di sekitar tempat tinggal anak.
Fungsi
Pengembangan Bahasa AUD
1. Sebagai alat untuk
berkomunikasi anak dengan lingkungannya
2. Sebagai alat untuk
pengembangan kemampuan intelektual anak
3. Sebagai alat untuk
mengembangkan ekspresi anak
4. Sebagai alat untuk
menyatakan perasaan dan buah pikir kepada orang lain
Kelebihan menggunakan alat-alat di atas :
a)
Alatnya mudah di dapatkan.
b)
Biayanya tidak terlalu mahal.
c)
Yang paling penting kelebihannya adalah untuk
mengembangkan kemamouan berbahasa anak.
Kelemahan
menggunakan alat-alat di atas :
a)
Kelemahannya mungkin tidak ada tetapi mungkin hanya
terletak pada cara guru dalam penyampaian dan menggunakan alat tersebut.
b)
Kurangnya ekspresi, intonasi dan mimik guru dalam
menggunakan media tersebut.
c)
Kadang suara guru yang kurang jelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar