Jumat, 14 Desember 2012

Pemilihan dan manfaat permainan untuk perkembangan bahasa


Lerner (1981) menyatakan dasar utama perkembangan bahasa adalah pengalaman – pengalaman bahasa yang kaya . pengalaman bahasa yang kaya itu akan menunjang faktor – faktor bahasa lain yaitu:
a.    Mendengar
b.    Berbicara
c.    Membaca
d.    Menulis
Mendengar dan membaca termasuk keterampilan bahasa yang menerima atau resfektif sedang berbicara dan penulisan atau mengarang termasuk yang ekspresif. Lerner juga mengatakan bahwa perkembangan masing-masing faktor secara bertahap dan pentingnya memantau presepsi dan ingatan penglihatan dan endengaran anak agar dapat mendeteksi kelemahan-kelemahan anak secara dini. bagaimana anak menyimpan, menghubungkan , dan mengeluarkan pengetahuannya dalam bentuk bahasa yang ekspresif, semuanya menentukan perkembangan bahasanya.kegiatan bahasa merupakan kegiatan yang tiap hari ada dalam perencanan guru,karena itu memerlukan pengayaan khusus.kecanggihan penguasaan bahasa anak tergantung dari kecanggihan penggunaan bahasa orang dewasa yang ada di sekeliling anak.
Alat permainan dan kegiatan untuk mendengarkan dan berbicara serta membaca gambar dan menulis dini yang timbul secara spontan misalnya : gambar-gambar yang ada di lingkungan anak, dirumah, disekolah, binatang-binatang, peralatan yang berhubungan dengan tempat pelayanan masyarakat, alat rekreasi, olahraga, dll. Semua gambar tersebut dapat membantu anak mendeskripsikan fungsi, bentuk, warna, dll.
Alat-alat permainan untuk perkembangan bahasa ini adalah sebagai berikut:
a.    Benda-benda yang ada di rumah “untuk kebersihan”  sapu lidi ,sapu lantai,
“peralatan dapur” piring, sendok, gelas.
b.    Kumpulan cerita pendek
c.    Kumpulan kalimat pendek yang belum selesai dan dapat dilanjutkan oleh anak secara kreatif.
d.    Kumpulan gambar profesi yang dapat di perkenalkan anak atau yang sudah mereka ketahui.
e.    Kumpulan gambar berbagi macam tema.
f.    Kumpulan buku cerita dan buku referensi untuk di bacakan pada anak maupun di pinjamkan.
g.    Kumpulan cerita pendek untuk latihan mengingat dan diceritakan kembali pada anak
Tujuan Pengembangan Berbahasa AUD
Agar anak mampu berkmunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan disekitar anak anatara lain lingkungan teman sebaya, lingkungan teman bermain, orang dewasa baik yang ada di sekolah, dirumah, maupun di tetangga atau di sekitar tempat tinggal anak.
 Fungsi Pengembangan Bahasa AUD
1.     Sebagai alat untuk berkomunikasi anak dengan lingkungannya
2.    Sebagai alat untuk pengembangan kemampuan intelektual anak
3.    Sebagai alat untuk mengembangkan ekspresi anak
4.    Sebagai alat untuk menyatakan perasaan dan buah pikir kepada orang lain
Kelebihan menggunakan alat-alat di atas :
a)    Alatnya mudah di dapatkan.
b)   Biayanya tidak terlalu mahal.
c)    Yang paling penting kelebihannya adalah untuk mengembangkan kemamouan berbahasa anak.
Kelemahan menggunakan alat-alat di atas :
a)    Kelemahannya mungkin tidak ada tetapi mungkin hanya terletak pada cara guru dalam penyampaian dan menggunakan alat tersebut.
b)   Kurangnya ekspresi, intonasi dan mimik guru dalam menggunakan media tersebut.
c)    Kadang suara guru yang kurang jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar